Beranda | Artikel
Bangkitnya Manusia Setelah Ditiupkan Sangkakala Kedua
Senin, 27 September 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Bangkitnya Manusia Setelah Ditiupkan Sangkakala Kedua merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 13 Safar 1443 H / 20 September 2021 M.

Kajian Tentang Bangkitnya Manusia Setelah Ditiupkan Sangkakala Kedua

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengabarkan kepada kita bahwa sebelum ditiupkannya sangkakala yang kedua, maka tubuh manusia yang sudah menjadi tanah (kecuali tulang ekor) itu sedikit demi sedikit akan tumbuh bagaikan sebutir bibit. Hingga akhirnya menjadi sosok manusia yang sempurna.

Setelah sempurna jasadnya, ditiuplah sangkakala yang kedua. Maka seluruh ruh manusia akan kembali ke jasadnya masing-masing. Pada saat itulah yang disebut dengan hari berbangkit.

Ketika tulang ekor itu dihujani dan dia pun tumbuh hingga akhirnya menjadi manusia yang sempurna, apakah fisik manusia yang tumbuh itu sama dengan yang dulu ada di dunia?

Allah akan mengembalikan hamba-hamba Allah, tetapi mereka akan diciptakan dengan ciptaan yang berbeda dengan apa yang ada di dunia sebelumnya. Di antaranya mereka tidak akan pernah mati walau diterpa siksaan seperti apapun.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَيَأْتِيهِ الْمَوْتُ مِن كُلِّ مَكَانٍ وَمَا هُوَ بِمَيِّتٍ

“…Dan mereka akan didatangi oleh (ancaman) kematian dari seluruh penjuru, dan dia tidak akan pernah mati…” (QS. Ibrahim[14]: 7)

Seorang manusia yang menjadi penduduk neraka, rasa sakit dari seluruh arah. Bahkan sakitnya tidak hanya di fisiknya, tapi juga ke hati. Namun meski begitu mereka tidak akan mati. Itulah salah satu perbedaan fisik manusia di akhirat dengan di dunia.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajianyang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50764-bangkitnya-manusia-setelah-ditiupkan-sangkakala-kedua/